Kamis, 10 Maret 2011

Standarisasi Jaringan

10 Base F
10BASE5 (juga dikenal sebagai ethernet tebal atau thicknet) adalah "asli full spec" varian dari kabel Ethernet, menggunakan kabel mirip dengan kabel RG-8 / U koaksial tetapi dengan sheiding dikepang ekstra. Ini adalah kaku, 0,375 inci (9,5 mm) diameter kabel dengan impedansi 50 ohm (Ω), sebuah konduktor pusat yang solid, busa isolasi pengisi, suatu jalinan perisai, dan jaket luar. Selubung luar sering busa yellow-to-orange/brown fluoro ethylene propylene (untuk kebakaran resistensi) sehingga sering disebut "" kabel kuning, "oranye selang", atau kadang-kadang humor "beku selang kebun kuning".
10BASE5 telah digantikan karena permintaan besar untuk jaringan berkecepatan tinggi, biaya rendah dari Kategori 5 kabel Ethernet, dan popularitas 802,11 jaringan nirkabel. Kedua 10BASE2 dan 10BASE5 telah menjadi usang.
Nama originasi The 10BASE5 namanya berasal dari beberapa karakteristik fisik media. 10 mengacu pada transmisi kecepatan 10 Mbit / s. BASE adalah singkatan dari baseband sinyal dibandingkan dengan broadband, dan 5 berdiri untuk panjang segmen maksimum 500 meter (1.600 kaki).
Desain jaringan membujuk 10BASE5 kabel memiliki panjang maksimum 500 meter (1.640 kaki). Jumlah maksimum node yang dapat terhubung ke segmen 10BASE5 100 [2 transceivers]. Hanya dapat dipasang pada interval yang tepat 2,5 meter. Jarak ini dipilih untuk tidak sesuai dengan panjang gelombang sinyal, hal ini menjamin bahwa refleksi dari beberapa PDAM tidak dalam tahap. [3] Titik-titik yang cocok ditandai pada kabel dengan pita hitam. Kabel harus menjalankannya linear; T-koneksi tidak diperbolehkan.
Seperti halnya dengan bus berkecepatan tinggi yang paling lain, segmen harus diakhiri dengan sebuah resistor di setiap akhir. Untuk Ethernet-kabel koaksial berbasis, masing-masing ujung kabel memiliki ohm 50 (Ω) resistor terpasang. Biasanya resistor ini dibangun ke konektor N laki-laki dan melekat pada ujung kabel hanya melewati perangkat terakhir. Jika penghentian yang hilang, atau jika ada istirahat dalam kabel, sinyal AC pada bus tercermin, bukannya hilang ketika mencapai akhir. Hal ini menunjukkan sinyal dibedakan dari tabrakan, sehingga tidak ada komunikasi mungkin.
Transceiver dapat terhubung ke segmen kabel dengan konektor N, atau melalui tekan vampir, yang memungkinkan node baru yang akan ditambahkan sementara koneksi yang ada tinggal. vampir Sebuah tekan jepitan kabel, memaksa spike untuk menembus melalui luar perisai untuk menghubungi konduktor dalam gigitan sementara paku lainnya ke dalam perisai dikepang luar. Perawatan harus diambil untuk menjaga perisai luar dari menyentuh spike; kit instalasi termasuk alat "coring" untuk bor melalui lapisan luar dan memilih "menjalin" untuk menghapus potongan-potongan liar dari luar perisai.
100BASE-T4
100BASE-T4 adalah awal pelaksanaan Fast Ethernet. Hal ini membutuhkan empat pasang tembaga twisted, tetapi mereka pasang hanya diperlukan untuk kategori 3 bukan kategori 5 dibutuhkan oleh TX. Satu pasangan disediakan untuk mengirimkan, satu untuk menerima, dan dua lainnya akan beralih arah sebagai dinegosiasikan. Kode 8B6T sangat tidak biasa digunakan untuk mengkonversi data 8 bit menjadi 6 base-3 digit (sinyal membentuk adalah mungkin karena ada tiga kali lebih banyak angka dasar 6-digit-3 karena ada angka 8-base-2 nomor). Dua hasil dasar 3-digit-3 simbol yang dikirim secara paralel lebih dari 3 pasangan menggunakan tingkat modulasi 3-pulsa-amplitudo (PAM-3). Kenyataan bahwa 3 pasang digunakan untuk mengirimkan di setiap arah membuat 100Base-T4 inheren half-duplex. Standar ini dapat diimplementasikan dengan CAT 3, 4 5 kabel UTP, atau STP jika diperlukan terhadap gangguan. jarak maksimum dibatasi sampai 100 meter. 100BASE-T4 tidak banyak digunakan tetapi teknologi yang dikembangkan untuk digunakan dalam 1000BASE-T.
Gigabit Ethernet
Gigabit Ethernet (GbE atau 1 GigE) adalah istilah yang menggambarkan berbagai teknologi untuk transmisi frame Ethernet dengan kecepatan dari gigabit per detik, seperti yang didefinisikan oleh standar IEEE 802,3-2.008. Half-duplex link gigabit terhubung melalui hub diperbolehkan oleh spesifikasi, tetapi di pasar full-duplex dengan saklar normal.
Fast Ethernet
Di jaringan komputer, Fast Ethernet adalah istilah kolektif untuk sejumlah Ethernet standar yang membawa lalu lintas di tingkat nominal 100 Mbit / s , Ethernet asli terhadap kecepatan 10 Mbit / s.
Dari standar Ethernet 100BASE - TX cepat adalah yang paling umum dan didukung oleh sebagian besar perangkat keras Ethernet diproduksi . Fast Ethernet diperkenalkan pada tahun 1995dan tetap versi tercepat Ethernet selama tahun sebelum digantikan oleh gigabit Ethernet.

100BASE - T adalah salah satu dari beberapa Fast Ethernet standar untuk kabel twisted pair, termasuk : 100BASE - TX (100 Mbit / s lebih dari dua pasangan CAT5 atau lebih baik kabel ) , 100BASE - T4 (100 Mbit / s lebih dari empat pasangan Cat3 atau kabel yang lebih baik , mati ) , 100BASE - T2 (100 Mbit / s lebih dari dua - pasangan Cat3 atau kabel yang lebih baik , juga mati ) .
Panjang segmen untuk kabel 100BASE - T dibatasi sampai 100 meter (328 kaki ) ( seperti 10Base - T dan gigabit Ethernet) . Semua atau berada di bawah standar IEEE 802.3 ( disetujui 1995) . Hampir semua instalasi 100BASE - T 100BASE - TX .
Pada hari-hari awal Fast Ethernet , iklan banyak vendor yang berpusat di klaim oleh standar bersaing bahwa " kita akan bekerja lebih baik dengan kabel yang ada dari mereka .
" Dalam prakteknya , ini dengan cepat menemukan bahwa jaringan yang ada hanya sedikit yang memenuhi standar diasumsikan , karena Ethernet 10- megabit sangat toleran terhadap penyimpangan kecil dari karakteristik listrik tertentu dan beberapa installer yang pernah peduli untuk membuat pengukuran yang tepat dari kabel dan kualitas koneksi , jika Ethernet bekerja melalui kabel , itu dianggap diterima . Jadi sebagian besar jaringan harus rewired untuk kecepatan 100- megabit apakah atau tidak ada diduga telah CAT3 atau kabel CAT5 berjalan
100BASE - TX
RJ -45 Wiring (TIA/EIA-568-B T568B )
Pin Pasangan Kawat Warna
1 2 1 putih / orange
2 2 2 jeruk

3 3 1 putih / hijau
4 1 2 biru

5 1 1 putih / biru
6 3 2 hijau

7 4 1 putih / coklat
8 4 2 cokelat

100BASE - TX adalah bentuk dominan Fast Ethernet , dan berjalan lebih dari dua pasang kawat - di dalam kategori 5 atau di atas kabel ( suatu kategori khas 5 berisi 4 pasang kabel sehingga dapat mendukung dua link 100Base - TX ) .
Seperti 10Base - T, pasangan yang tepat adalah pasangan oranye dan hijau (resmi kedua dan ketiga pasangan ) di TIA/EIA-568-B' s pemutusan standar , T568A atau T568B . pasangan ini menggunakan pin 1, 2 , 3 dan 6 .Dalam T568A dan T568B , kawat berada di , urutan 1, 2, 3, 6 , 4, 5 , 7, 8 pada modular jack di setiap akhir . Warna -order akan hijau / putih , hijau , oranye / putih , biru , biru / putih , oranye , coklat / putih , coklat untuk T568A , dan oranye / putih , oranye , hijau / putih , biru , biru / putih , hijau , cokelat / putih , coklat untuk T568B .
Masing-masing segmen jaringan dapat memiliki jarak maksimum 100 meter (328 kaki ) . Dalam konfigurasi yang khas , 100BASE - TX menggunakan satu pasang kabel twisted di setiap arah , menyediakan 100 Mbit / s dari throughput di setiap arah (full-duplex) . Melihat IEEE 802.3 untuk lebih jelasnya.Konfigurasi jaringan 100BASE - TX sangat mirip dengan 10Base - T . Ketika digunakan untuk membangun jaringan area lokal, perangkat di jaringan ( komputer , printer, dll ) biasanya terhubung ke pusat atau beralih, menciptakan jaringan bintang. Cara lainnya adalah mungkin untuk menghubungkan dua perangkat secara langsung menggunakan kabel crossover.
Dengan perangkat keras 100BASE - TX , bit-bit mentah (4 bit clock luas di 25 MHz di MII ) melalui 4B5B pengkodean biner untuk menghasilkan serangkaian simbol 0 dan 1 clock pada 125 MHz Tingkat simbol. Pengkodean 4B5B memberikan pemerataan DC dan membentuk spektrum (lihat standar untuk rincian ) .
Seperti halnya dalam kasus 100BASE - FX , bit-bit tersebut kemudian diteruskan ke lapisan fisik media lampiran menggunakan NRZI encoding. Namun , 100BASE - TX memperkenalkan sublapisan , tambahan tergantung menengah, yang mempekerjakan MLT -3 sebagai pengkodean akhir dari stream data sebelum transmisi , sehingga frekuensi " maksimum fundamental " dari 31,25 MHz . Prosedur ini dipinjam dari X3.263 ANSI FDDI spesifikasi , dengan perbedaan kecil .[3]
100BASE -FX
adalah versi Fast Ethernet atas serat optik. Ini menggunakan 1300 nm dekat -inframerah ( NIR ) cahaya panjang gelombang ditularkan melalui dua helai serat optik , satu untuk menerima ( RX ) dan yang lainnya untuk mengirim ( TX ) . Panjang maksimum adalah 400 meter ( 1.310 kaki) untuk half-duplex koneksi ( untuk memastikan tabrakan terdeteksi ) , 2 kilometer ( 6.600 kaki ) untuk full-duplex atas serat optik multimode, atau 10.000 meter ( 32.808 kaki) untuk full-duplex serat optik mode tunggal.
100BASE - FX menggunakan pengkodean 4B5B sama dan NRZI kode baris yang 100Base - TX tidak . 100BASE - FX harus menggunakan SC , ST , atau MIC konektor dengan SC menjadi pilihan yang lebih disukai 100BASE - FX tidak kompatibel dengan 10Base - FL, yang MBit 10 / s versi lebih serat optik .
100BASE - T4
adalah awal implementasi Fast Ethernet . Hal ini membutuhkan empat pasang tembaga twisted , tetapi mereka pasang hanya diperlukan untuk kategori 3 bukan kategori 5 dibutuhkan oleh TX .
Satu pasangan disediakan untuk mengirimkan, satu untuk menerima , dan dua lainnya akan beralih arah sebagai dinegosiasikan . Yang sangat tidak biasa 8B6T kode ini digunakan untuk mengkonversi data 8 bit menjadi 6 base -3 digit ( sinyal membentuk adalah mungkin karena ada tiga kali lebih banyak angka dasar 6- digit -3 karena ada angka 8- base -2 nomor ) . Dua hasil dasar 3 - digit -3 simbol yang dikirim secara paralel lebih dari 3 pasangan menggunakan 3- tingkat pulsa - amplitudo modulasi ( PAM -3) .
Kenyataan bahwa 3 pasang digunakan untuk mengirimkan di setiap arah membuat 100Base - T4 inheren half-duplex . Standar ini dapat diimplementasikan dengan CAT 3, 4 5 kabel UTP , atau STP jika diperlukan terhadap gangguan. jarak maksimum dibatasi sampai 100 meter . 100BASE - T4 tidak banyak digunakan tetapi teknologi yang dikembangkan untuk digunakan dalam 1000BASE - T .

1000BASE - CX
1000BASE - CX adalah standar awal untuk koneksi gigabit Ethernet di atas tembaga twinaxial kabel dengan jarak maksimum 25 meter menggunakan twisted pair yang seimbang dan terlindung dengan baik DE -9 atau 8P8C konektor .
Panjang segmen pendek adalah karena tingkat sinyal transmisi yang sangat tinggi . Hal ini masih digunakan untuk aplikasi tertentu dimana kabel tidak dilakukan oleh pengguna umum , misalnya IBM BladeCenter menggunakan 1000BASE - CX untuk koneksi Ethernet antara blade server dan modul saklar. 1000BASE - T berhasil untuk menggunakan kabel tembaga umum .
1000BASE - SX
1000BASE - SX adalah serat optik gigabit Ethernet standar untuk operasi lebih dari multi -mode fiber menggunakan 770-860 nanometer, Dekat inframerah ( NIR ) cahaya panjang gelombang.
Standar ini menetapkan kemampuan jarak antara 220 meter ( μm 62.5/125 serat dengan rendah modal bandwidth) dan 550 meter ( 50/125 μm modal serat dengan bandwidth tinggi) . Dalam prakteknya , dengan serat berkualitas baik dan penghentian , 1000BASE - SX biasanya akan bekerja selama jarak jauh lebih lama .[rujukan?]
Standar ini sangat populer untuk link intra - bangunan di gedung perkantoran besar , co - lokasi fasilitas dan operator bursa internet netral .
Optik daya spesifikasi antarmuka SX : Minimum daya output = -9,5dBm. Minimum menerima sensitivitas = -17 dBm .
1000BASE - LX
1000BASE - LX adalah serat optik Gigabit Ethernet standar IEEE 802.3 ditentukan dalam Pasal 38 yang menggunakan laser gelombang panjang ( 1,270-1,355 nm ) , dan RMS maksimum lebar spektral dari 4 nm .
1000BASE - LX ditetapkan untuk bekerja lebih dari jarak hingga 5 km lebih dari 10 serat single-mode μm .
1000BASE - LX juga dapat menjalankan lebih dari semua jenis umum serat multi -mode dengan panjang segmen maksimum 550 m. Untuk jarak hubungan yang lebih besar dari 300 m , penggunaan kabel pengkondisian memulai patch khusus mungkin diperlukan .[4] Ini akan meluncurkan laser dengan tepat offset dari pusat serat yang menyebabkan ke tersebar di seluruh diameter inti serat , mengurangi efek yang dikenal sebagai modus diferensial delay yang terjadi saat pasangan laser hanya ke sejumlah kecil mode tersedia di multi -mode fiber .
1000BASE - T
1000BASE - T mampu kartu antarmuka jaringan dibuat oleh Intel, yang menghubungkan ke komputer melalui PCI - X1000BASE - T ( juga dikenal sebagai IEEE 802.3ab ) adalah standar untuk Ethernet gigabit atas tembaga kabel .Setiap segmen jaringan 1000BASE - T bisa menjadi panjang maksimal 100 meter (328 kaki) , dan harus menggunakan Kategori 5 kabel minimal. Kategori 5e kabel atau Kategori 6 kabel juga dapat digunakan .Autonegotiation merupakan persyaratan untuk menggunakan 1000BASE - T[6] menurut Bagian 28D.5

Ekstensi diperlukan untuk Clause40 ( 1000BASE - T )
Setidaknya jam sumber harus dinegosiasikan , sebagai salah satu harus master dan slave lainnya .1000BASE - T mengharuskan semua empat pasang untuk hadir . Jika dua perangkat gigabit terhubung melalui kabel non - compliant Cat -5 dengan dua pasang saja, negosiasi terjadi pada dua pasang saja, sehingga perangkat berhasil memilih ' gigabit ' sebagai denominator umum tertinggi ( HCD ) , tetapi link tidak pernah datang up .
Sebagian besar perangkat fisik gigabit memiliki mendaftar khusus untuk mendiagnosis perilaku ini . Beberapa driver menawarkan " Ethernet @ Wirespeed " pilihan di mana situasi ini menyebabkan koneksi lambat namun fungsional .[8]

1 komentar: